Kumpulan artikel tentang Cara Membuat Blog Bagi Pemula serta Tips Triks Tutorial Blogger

Jumat, 11 April 2014

Cara Mendaftarkan Blog di Google Webmaster Tools

Google Webmaster Tools adalah salah satu cara supaya blog kita cepat terindex oleh Google. Kenapa dengan google? Karena Google adalah mesin pencari (Search Engine) terbesar saat ini di dunia. Banyak pengguna internet lebih terbiasa dan familiar dengan menggunakan google. Apapun yang akan kita cari Google pasti memberikan layanannya semaksimal mungkin.

Nah agar blog kita cepat terindex atau terdaftar dengan mudah di Google kita harus mendaftarkannya terlebih dahulu di Google Webmaster Tools. Layanan yang disediakan oleh Google ini adalah gratis. Layanan ini memberikan fasiltas untuk menampilkan data yang menarik di situs atau blog kita seperti halaman yang di-index, kata kunci, statistik blog dan lain-lain.

Selain itu Google Webmaster  Tools juga berfungsi untuk mengetahui link eksternal maupun internal, kesalahan perayapan url error, mengetahui SERP (peringkat pencarian blog kita di Search Engine di Google) dan sebagainya.

Baiklah kita lanjut ke langkah-langkah mendaftar di Google Webmaster Tools :

  1. Buka Halaman Google Webmaster Tools (GWT)\
  2. Sign in ke halaman GWT, masukkan alamat email dan password akun Google sahabat.
  3. Setelah masuk, kalo belum terdaftar tinggal klik tombol TAMBAHKAN SITUS.
  4. Untuk blogspot secara otomatis sudah terverifikasi kepemiliknnya. Tetapi jika belum, atau ingin cek apakah blog sahabat sudah terverifikasi kepemilikannya, silahkan menuju halaman verifikasi blog.

Cara Memverifikasi  Kepemilikkan Blog di Webmaster tools :
  1. Klik tombol KELOLA SITUS yang terdapat di sisi kanan blog yang akan anda verifikasi kepemilikkanya
  2. Akan muncul beberapa pilihan, Klik TAMBAHKAN ATAU HAPUS PENGGUNA
  3. Akan muncul tampilan baru, dan pada bagian kanan atas ada sebuah link KELOLA PEMILIK SITUS.
  4. Klik link tersebut, maka anda masuk pada halaman baru Google Webmaster Tools, dan terdapat tulisan Anda adalah pemilik yang diverifikasi http://namablogsahabat.blogspot.com/. Diverifikasi menggunakan metode berikut : File HTML

Jika ada tulisan seperti itu berarti sudah terverifikasi, dan sahabat juga bisa dengan mengklik link Verifikasi dengan menggunakan metode yang berbeda. dikarenakan memverifikasi dengan lebih dari satu metode akan membuat kepemilikan blog Sahabat akan lebih kuat.

Pilih TAG HTML tambahkan tag meta  ke beranda situs Sahabat. Sahabat akan diberikan sebuah kode meta tag. Copy kode tersebut lalu :

  • Buka dashboard blog sahabat
  • Pilih menu template >>> klik tab edit HTML
  • Paste kode meta tag tadi dibawah kode <head>
  • Jika udah, segera klik SIMPAN TEMPLATE. Tunggu sampai perubahan tersimpan

Kembali ke halaman tempat sahabat mengcopy kode meta tag tadi, lalu klik tombol VERIFIKASI pada bagian paling bawah. Jika langka-langkah memverifikasi kepemilikan blog sahabat sudah benar, maka statusnya BERHASIL.

Oke Sahabat sekian dulu, ya... Semoga berhasil...! Oiya sebenarnya ada lagi metode lain , tapi coba yang ini aja dulu...moga-moga berhasil dan terindeks dengan cepat di Google

Cara Mendaftarkan Blog di Google Webmaster Tools Rating: 4.5 Diposkan Oleh: galeri

0 komentar:

Posting Komentar